Sunday, October 21, 2012

Logitech Ultrathin Keyboard, "Sahabat Setia" iPad



Banyak yang beranggapan kalau iPad adalah perangkat tablet yang dibuat hanyak sekadar untuk entertainment saja. Padahal, perangkat tablet berbasis iOS ini dapat juga digunakan untuk kepentingan bisnis.

Hal apa saja yang membuat iPad begitu sulit digunakan untuk bekerja? Seperti perangkat tablet lainnya, iPad menggunakan layar sentuh. Untuk mengetik, si pengguna harus menggunakan keyboard virtual.
Bagi sebagian besar pengguna, mengetik menggunakan keyboard virtual ini sangatlah menyulitkan. Walaupun begitu, sudah ada banyak sekali aplikasi yang tersedia untuk kepentingan bisnis, seperti Evernote dan Google Drive.
Untuk mengantisipasi masalah yang sudah disebutkan di atas, sudah banyak keyboard fisik yang hadir sebagai aksesori tambahan khusus untuk perangkat tablet. Sayangnya, belum banyak produk yang reliable untuk dijadikan "teman setia" perangkat tersebut.
Logitech belum lama ini meluncurkan Ultrathin Keyboard Cover, sebuah aksesori keyboard tambahan yang diklaim mampu berjalan optimal untuk iPad 2 dan New iPad.
Pada awal kemunculannya, banyak yang bersikap skeptis. Dengan begitu banyaknya produk aksesoris keyboard tablet yang hadir di pasaran, banyak yang menyangka kalau Ultrathin Keyboard Cover ini akan menjadi sama saja dengan perangkat lainnya. Benarkah?

Desain

Seperti namanya, perangkat ini hadir dengan tiga kelebihan, yaitu Ultrathin, Keyboard, dan Cover.
Logitech benar-benar membuat perangkat ini dalam ukuran yang super tipis. Ukuran ketebalan perangkat ini hanya 0,9 inci (lebih tipis dari iPad generasi ke-3) dengan berat sekitar 450 gram.
6
Terdapat 63 tombol di bagian keyboardnya. Pengguna bisa menemukan beberapa tombol khas keyboard Mac, seperti Cmd. Selain itu, hadir juga beberapa shortcut untuk perangkat iPad, seperti mengecilkan dan membesarkan volume. Saat dicoba, tombol-tombol yang ada di perangkat ini terasa sangat nyaman saat digunakan untuk mengetik, dibandingkan on-screen keyboard pada perangkat iPad.
Selain dapat berfungsi sebagai keyboard, perangkat ini juga bisa digunakan sebagai Cover untuk melindungi layar perangkat iPad pengguna. Dengan memanfaatkan magnet, Ultrathin Keyboard Cover dapat merekat ke bagian tepi iPad, mirip dengan cara memasang Smart Cover.
2
Di samping kanan, terdapat tombol dengan logo Bluetooth. Tombol tersebut dapat digunakan untuk menjalankan fungsi pairing dengan iPad. Terdapat juga tombol untuk mematikan dan menyalakan perangkat tersebut. Pengguna pun bisa menemukan slot micro USB yang dapat dimanfaatkan untuk charge baterai Ulrathin Keyboard Cover ini.
3
Di bagian atas keyboard, ada sebuah slot berwarna putih yang dapat digunakan untuk meletakkan iPad. Saat sudah masuk ke bagian slot ini, akan ada suara klik yang menandakan perangkat iPad sudah pada posisi yang tepat.

Penggunaan

Saat menjalankan fungsi Cover, Ultrathin Keyboard Cover ini mampu melindungi bagian layar iPad dengan baik. Namun, perangkat ini tidak mampu melindungi bagian belakang dari iPad. Diperlukan sebuah aksesori cover tambahan untuk melindungi bagian belakang dari goresan.
Walaupun begitu, saat menggunakan Ultrathin Keyboard Cover, iPad pengguna akan terlihat seperti perangkat notebook atau netbook. Warnanya yang senada dengan bagian belakang, membuat iPad pengguna dapat terlihat lebih elegan.
5
Mengetik menggunakan keyboard ini pun terasa jauh lebih nyaman, dibandingkan dengan menggunakan keyboard on-screen iPad. Tombol-tombolnya yang memiliki ukuran sebesar keyboard PC standar mampu menghindarkan pengguna dari typo. Selain itu, tombol-tombolshortcut yang ada di perangkat ini mampu membantu pengguna mengoperasikan iPad tanpa harus sering-sering menyentuh layar.
Logitech mengklaim baterai yang terpasang di Ultrathin Keyboard Cover dapat bertahan selama 6 bulan, dengan syarat hanya digunakan selama 2 jam dalam satu hari.

Kesimpulan

Klaim Logitech yang menyatakan Ultrathin Keyboard Cover sebagai “teman setia” iPad benar-benar terbukti. Selain dapat digunakan untuk mengetik, perangkat ini dapat melindungi layar iPad dengan baik. Baterainya yang tahan lama menambah nilai positif dari perangkat ini. Logitech menjual perangkat ini dengan harga sekitar Rp 1 juta di Indonesia.

Kelebihan:
+ Tombol yang nyaman untuk digunakan
+ Bisa digunakan sebagai cover
+ Baterai tahan lama
+ Ringan dan tipis

Kekurangan:
- Harga relatif tinggi